Selasa, 11 September 2018

Two Bodies: Dua Tubuh dalam Satu Busana

Memasuki Rumah Banjarsari pada Selasa malam (11/09/2018) bersama tiga temanku disambut oleh pengunjung yang tampak tidak asing mempersilakan kami untuk masuk melihat pertunjukan kolaborasi. "Baru mulai 1 menit mbak."celetuknya menghibur kami yang memang telah terlambat 15 menit dari waktu pertunjukan dimulai. Pertunjukan sudah berlangsung dalam suasana temaram. Kami berempat memutuskan duduk di barisan depan di antara penonton yang memilih duduk di barisan tengah dan belakang bahkan berdiri di pojok-pojok ruangan.

 Dua orang perempuan yang sedang berbadan dua mengisi panggung pertunjukan. Salah seorang perempuan tersebut yang kami kenal sebagai musisi bernama Safina Nadisa berdiri mengenakan terusan dan celana legging hitam berdiri terdiam menatap seorang perempuan di pojok ruangan. Perempuan di pojok ruangan itulah penggagas koreografi karya kolaborasi malam itu, ia kerap disapa Fitri dengan nama lengkap Fitri Setyaningsih. Inilah yang menjadi perhatian kami semenjak kami duduk dan mendapat mbak Fitri sedang berganti busana beberapa kali. Mengenakan bra dan celana dalam, mbak Fitri berulang kali mengenakan dan melepas beberapa pakaian di dalam sebuah tas ransel. Perut yang telah membesar membuat pakaian-pakain itu tidak pas di badan mbak Fitri lagi. Pun akhirnya mbak Fitri menemukan kaos melar serta celana hamil yang mengikuti liuk tubuh mbak Fitri. Adegan pun berlanjut dengan mbak Fitri yang meminum segelas susu. Sedangkan Safina Nadisa memperagakan beberapa gerakan yoga disusul mbak Fitri.

Pertunjukan ditutup dengan penampilan Safina Nadisa yang membawakan lagu ciptaanya untuk calon bayinya yang berjudul "Grow", kemudian sekitar lebih dari 10 perempuan bersama anak-anaknya maju ke area panngung pertunjukan dan bermain bersama menggambatkan suasana ibu dan anak yang mengharukan diiringi musik yang mengalun tenang.
Karya Kolaborasi "Two Bodies" ini dimaksudkan untuk merayakan sang calon bayi yang akan segera lahir menyambut dunia. Semoga lancar dan sehat selalu mbak Fitri dan mbak Nadisa. Pertunjukan koreografi, dialog, dan nyayian yang luar biasa dan menyentuh hati.

Tidak ada komentar: